MAKALAH, PROPOSAL PERUSAHAAN, ANALISIS SWOT, ANALISIS KEUANGAN BEP, PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN
BUSINESS
PARFUM “FRAGARIA ANANASSA”
Disusun oleh :
PURIPER GROUP
Jl. K.H. Abdul Halim
No. 113 Majalengka 45418
Jawa Barat
RINGKASAN
EKSEKUTIF
Latar Belakang
Parfum adalah wewangian atau
bau-bauan yang berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan, bunga-bungaan,
kayu-kayuan, biji-bijian, akar-akaran, dan bahan – bahan lain yang sekiranya
dapat dijadikan bahan baku parfum dengan cara diekstrak dengan metode
penyulingan ataupun cara lain yang dikenal pada umumnya. Bahan-bahan tersebut
adalah sumber dari wewangian yang kita cium dan kita temukan di berbagai
tempat.
Kebiasaan menggunakan parfum merupakan gaya hidup yang
sudah dilakukan banyak kalangan masyarakat sejak lama, parfum digunakan karena
memberikan keharuman dan kesegaran bagi penggunanya, selain itu dapat
menjadi ciri khas seseorang dari aroma tubuhnya, dan parfum juga dapat
menambah kepercayaan diri penggunanya serta dapat menghilangkan bau
badan. Dahulu harga parfum dengan kualitas asli harganya sangat mahal, sehingga
hanya bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat saja.
Hal inilah yang membuat perusahaan kami mengembangkan bisnis parfum yang memiliki wangi yang
khas dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus, akan membuat konsumen
merasa puas dengan memanfaatkan
aroma buah – buahan sebagai bahan pembuatannya.
·
Alasan :
Alasan perusahaan kami mengembangkan bisnis parfum diantaranya:
-
Buah strawberry memiliki aroma khas dan segar yang dapat
memunculkan kesan penuh semangat.
-
Buah strawberry mudah didapatkan
-
Parfum beraroma strawberry masih langka dipasaran
·
Tujuan :
Dalam merintis perusahaan parfum ini, perusahaan kami memiliki beberapa
tujuan diantaranya:
-
Ingin memanfaatkan buah strawberry
-
Ingin mengetahui proses pembuatan parfum dari buah strawberry
-
Ingin menciptakan sebuah produk parfum yang memiliki wangi yang khas dan tahan lama serta memiliki kualitas
yang bagus yang dapat membuat konsumen
merasa puas.
·
Manfaat produk :
Beberapa manfaat dari produk yang akan dibuat oleh perusahaan kami adalah :
-
Dapat memanfatkan buah-buahan dalam pembuatan parfum seperti
memanfaatkan buah strawberry
-
Dapat membuat produk parfum dari bahan bahan alami seperti buah strawberry
-
Dapat menciptakan sebuah
produk parfum yang memiliki wangi yang
khas dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus, akan membuat konsumen
merasa puas.
BAB I
DESKRIPSI PERUSAHAAN
I.
Data Perusahaan
·
Nama Perusahaan : PURIPER GROUP
·
Logo Perusahaan :
·
Nama pemilik : Ricky Rismana
·
Berdiri : pada tanggal 3 Maret
2017
II.
Visi dan misi perusahaan
Visi : Membantu
masyarakat agar dapat memanfaatkan aroma buah-buahan khususnya strawberry dalam
pemakaian parfum agar memiliki wangi yang
khas,segar, tahan lama, serta memiliki kualitas yang bagus dan harga
yang terjangkau.
Misi : Melayani kebutuhan parfum secara maksimal dengan menggunakan bahan alami dari aroma
buah-buahan sehingga dapat menciptakan parfum dengan wangi yang khas,segar, tahan lama, serta memiliki
kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau.
III.
Struktur Perusahaan
·
Direktur Utama (Chief Executive Officer)
Nama :
Rifky Rochimat Febrian
Tugas Direktur Utama : Bertugas
sebagai seorang komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola, dan
eksekutor. Peran komunikator melibatkan pers dan seisi dunia luar, serta
manajemen dan karyawan organisasi. Peran pengambil keputusan mencakup keputusan
tingkat tinggi terkait kebijakan dan strategi. Sebagai pemimpin, CEO memberi
saran kepada dewan direktur, memotivasi karyawan, dan menggerakan perubahan
dalam organisasi. Sebagai manajer, CEO mengawasi operasi organisasi setiap
hari, bulan dan tahun.
·
Bagian Keuangan
Nama : Ria Nurmala
Tugas Bagian Keuangan : Mengawasi
oprasional mengenai keuangan perusahaan, mempertanggungjawabkan kegiatan yang
ada mengenai keuangan, menetapkan prosedur pelaksanaan secara rinci tentang
keuangan, menetapkan standar pekerjaan lapangan untuk menjamin tidak adanya
kebocoran dalam bagian keuangan..
·
Bagian Personalia
Nama :
Puput Yuniar Maulida
Tugas Bagian Personalia : Mengembangan
sitem perencanaan personalia dan pengendalian kebijakan pegawai, melaksanakan
kebutuhan administrasi dan kepegawaian, membina penegmbangan staf administrasi.
·
Bagian Produksi
Nama :
Rifa Fauziyyah
Tugas Bagian Produksi : Mengkoordinasikan
berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu
dibuat keputusan- keputusan yang berhubungan dengan usaha- usaha untuk mencapai
tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan yang direncakanakan.
Manajemen Produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungna dengan
proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
·
Bagian Pemasaran
Nama : Permata Hatinda Putri
Tugas Bagian
Pemasaran : Bertanggung jawab
terhadap peroehan hasil penjualan dan penggunaan dana produksi, sebagai
koordinasi manajer produk dan manajer penjualan, membina bagian pemasaran dan
membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran, serta membuat laporan pemasaran
kepada direksi.
BAB II
ANALISIS PEMASARAN
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang
dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang
terdiri dari “4P” yaitu :
1.
Produk (Product) adalah kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan
perusahaan kepada pasar sasaran meliputi kualitas, desain, nama merk, dan
kemasan. Produk yang akan dijual berupa parfum dengan nama merk “Fragaria
Ananassa” yang memilik kualitas bagus, harga yang terjangkau dan memiliki wangi
yang khas,segar, dan tahan lama. Desain kemasan yang akan digunakan sebagai botol parfum spray berbentuk
boneka. Hal tersebut agar konsumen tertarik. Selain itu, di bagian depan botol
juga dituliskan nama produk “Fragaria Ananassa”
2.
Harga (Price) adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan
untuk memproleh produk meliputi daftar harga, dan lain-lain. Harga satu buah
botol parfum “Fragaria Ananassa” akan dibandrol dengan harga Rp. ...........
3.
Tempat (Place) adalah kegiataan perusahaan yang membuat produk tersedia
bagi pelanggan sasaran meliputi lokasi, saluran distribusi, pesediaan,
transportasi dan logistik. Produk yang
akan dijual berlokasi sekitar majalengka dan sekitarnya.
4.
Promosi (Promotion) adalah aktifitas yang menyampaikan manfaat produk dan
membujuk pelanggan untuk membelinya meliputi iklan dan promosi penjualan.
Produk yang jual di promosikan melalui media sosial dan brosur.
BAB III
ANALISIS OPERASIONAL
3.1 Desain Produksi
Desain kemasan yang akan digunakan sebagai botol parfum spray berbentuk
boneka. Hal tersebut agar konsumen tertarik. Selain itu, di bagian depan botol
juga dituliskan nama produk “Fragaria Ananassa”
3.2 Proses Produksi
Proses pembuatan parfum “Fragaria Ananassa” yang beraroma strawberry ini
meliputi berbagai hal diantaranya:
a. Alat dan bahan:
Bahan – bahan yang digunakan diantaranya:
·
Buah Strawberry
·
Absolut
·
Biang parfum
·
Air
Alat – alat yang digunakan diantaranya:
·
Wadah
·
Panci
·
Pengaduk
·
Pisau
·
Saringan
·
Wadah parfum
b. Langkah – langkah pembuatan:
·
Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
·
Mencuci buah strawberry, kemudian memotong buah
strawberry menjadi kecil-kecil.
·
Lalu masukan buah strawberry yang dipotong-potong ke
dalam wadah lalu peras dan saring menggunakan saringan.
·
Setelah itu, air hasil saringan tersebut dimasukan ke
dalam panci dan tambahkan air.
·
Masukan absolut dan biang parfum secukupnya lalu aduk
hingga rata.
·
Masukan ke dalam botol parfum.
BAB IV
ANALISIS SWOT
Analisis SWOT dalam usaha parfum ”Fragaria
Ananassa” yang beraroma strawberry ini diantaranya :
·
Strenght (kekuatan)
Bahan baku parfum ”Fragaria Ananassa” yang beraroma strawberry ini, mudah
didapat karena terbuat dari bahan alami berupa buah-buahan yaitu buah
strawberry. Selain itu, proses pembuatannya pun mudah.
·
Weakness (kelemahan)
Bahan baku parfum dari buah strawberry ini terbilang mahal. Hal tersebut
karena buah strawberry yang didapat tidak langsung dari produsen tetapi dibeli
di pasar.
·
Opportunity (kesempatan)
Seiring perkembangan zaman, penampilan menjadi tolak ukur
utama dalam kehidupan. Kebiasaan
menggunakan parfum merupakan gaya hidup yang sudah dilakukan banyak kalangan
masyarakat sejak lama, parfum digunakan karena memberikan keharuman dan
kesegaran bagi penggunanya, selain itu dapat menjadi ciri khas seseorang
dari aroma tubuhnya, dan parfum juga dapat menambah kepercayaan diri
penggunanya serta dapat menghilangkan bau badan. Dahulu harga parfum dengan
kualitas asli harganya sangat mahal, sehingga hanya bisa dijangkau oleh
sebagian masyarakat saja. Hal inilah
yang membuat perusahaan kami
mengembangkan bisnis parfum yang
memiliki wangi yang
khas dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus, akan membuat konsumen
merasa puas dengan memanfaatkan
aroma buah – buahan sebagai bahan pembuatannya.
· Threat (Ancaman)
Banyaknya pesaing. Hal tersebut karena telah banyak para pebisnis usaha
parfum.
BAB V
ANALISIS KEUANGAN
a. Biaya Produksi
Biaya Produksi terdiri dari biaya tetap dan
biaya variabel.
·
Biaya tetap
No
|
Uraian
|
Jumlah Unit
|
Harga
|
Jumlah Harga
|
Masa Pakai
|
Penyusutan
(Tahun)
|
Penyusutan
(Bulan)
|
|
1
|
Rumah
Produksi
|
1
|
Rp. 2.000.000
|
Rp. 2.000.000
|
1
|
Rp. 2.000.000
|
Rp. 166.700
|
|
2
|
Panci
|
4
|
Rp. 30.000
|
Rp. 120.000
|
1
|
Rp. 120.000
|
Rp. 10.000
|
|
3
|
Wadah
|
5
|
Rp. 10.000
|
Rp. 50.000
|
1
|
Rp. 50.000
|
Rp. 4.200
|
|
4
|
Saringan
|
2
|
Rp. 5000
|
Rp. 10.000
|
3
|
Rp. 3.400
|
Rp. 300
|
|
5
|
Pisau
|
3
|
Rp. 15.000
|
Rp. 45.000
|
1
|
Rp. 45.000
|
Rp. 3.800
|
|
6
|
Sendok + Pengaduk
|
3
|
Rp. 10.000
|
Rp. 30.000
|
2
|
Rp. 15.000
|
Rp. 1.300
|
|
7
|
Karyawan
|
4
|
Rp. 600.00
|
Rp. 2.400.000
|
1
|
Rp. 28.800.000
|
Rp. 2.400.000
|
|
|
Rp. 2.586.300
|
·
Biaya Variabel
No.
|
Uraian
|
Jumlah Unit
|
Harga
|
Jumlah Harga
|
1.
|
Buah Strawberry
|
15 kg
|
Rp. 20.000/kg
|
Rp. 300.000
|
2.
|
Absolute
|
3 liter
|
Rp. 100.000/liter
|
Rp. 300.000
|
3.
|
Biang parfum
|
1 liter
|
Rp. 100.000/liter
|
Rp. 100.000
|
4.
|
Botol parfum
|
150 buah
|
Rp. 5.000/botol
|
Rp. 750.000
|
5.
|
Air
|
± 30 liter
|
Rp. 800/liter
|
Rp. 24.000
|
6.
|
Ongkir (bensin)
|
± 16 liter
|
Rp. 7.000/liter
|
Rp. 112.000
|
Jumlah
|
Rp. 1.586.000
|
·
Biaya Total =
Biaya tetap + Biaya variabel
=
Rp. 2.586.300 + Rp. 1.586.000
=
Rp. 4.172.300
·
Jumlah Unit :
150 unit
·
Biaya/unit =
Biaya total/jumlah unit
= Rp. 28.000
·
Keuntungan :
(30% x Rp. 28.000)
= Rp. 8.400
·
Harga jual =
Biaya/unit + keuntungan
= Rp. 28.000 + Rp. 8.400
=
Rp. 36.400 ≈ Rp. 37.000
b.
Pendapatan Total (TR)
TR = Harga Jual
x Target barang yang terjual
= Rp.
37.000 x 140
= Rp. 5.180.000
c.
Laba/Rugi (L/R)
L/R = TR
- TC
= Rp.
5.180.000 – 2.586.300
= Rp. 2.593.700
d.
BEP unit
BEP unit =
= Rp. 31.033.400 / (Rp. 37.000 – Rp. 10.600)
= 1.175
buah
BEP unit = 1.175 x
Harga Jual
= 1.175
x Rp.37.000
= Rp. 43.475.000
e.
Ratio (R/C)
R/C =
= Rp.
5.180.000 / Rp. 2.586.300
= 2,0028
(layak jual)
Comments
Post a Comment