MAKALAH, PROPOSAL PERUSAHAAN, ANALISIS SWOT, ANALISIS KEUANGAN BEP, PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN



PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
BUSINESS PARFUM  “FRAGARIA ANANASSA”




Disusun oleh :
PURIPER GROUP










Jl. K.H. Abdul Halim No. 113 Majalengka 45418
Jawa Barat




RINGKASAN EKSEKUTIF
Latar Belakang
Parfum adalah wewangian atau bau-bauan yang berasal dari ekstrak tumbuh-tumbuhan, bunga-bungaan, kayu-kayuan, biji-bijian, akar-akaran, dan bahan – bahan lain yang sekiranya dapat dijadikan bahan baku parfum dengan cara diekstrak dengan metode penyulingan ataupun cara lain yang dikenal pada umumnya. Bahan-bahan tersebut adalah sumber dari wewangian yang kita cium dan kita temukan di berbagai tempat.
Kebiasaan menggunakan parfum merupakan gaya hidup yang sudah dilakukan banyak kalangan masyarakat sejak lama, parfum digunakan karena memberikan keharuman dan kesegaran bagi  penggunanya, selain itu dapat menjadi ciri khas seseorang dari aroma tubuhnya, dan parfum juga dapat  menambah kepercayaan diri penggunanya serta dapat menghilangkan bau badan. Dahulu harga parfum dengan kualitas asli harganya sangat mahal, sehingga hanya bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat saja.
Hal inilah yang membuat perusahaan kami mengembangkan bisnis parfum yang memiliki wangi yang khas dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus, akan membuat konsumen merasa puas dengan memanfaatkan aroma buah – buahan sebagai bahan pembuatannya.
·      Alasan :
Alasan perusahaan kami mengembangkan bisnis parfum diantaranya:
-          Buah strawberry memiliki aroma khas dan segar yang dapat memunculkan kesan penuh semangat.
-          Buah strawberry mudah didapatkan
-          Parfum beraroma strawberry masih langka dipasaran
·      Tujuan :
Dalam merintis perusahaan parfum ini, perusahaan kami memiliki beberapa tujuan diantaranya:
-          Ingin memanfaatkan buah strawberry
-          Ingin mengetahui proses pembuatan parfum dari buah strawberry
-          Ingin menciptakan sebuah produk parfum yang memiliki wangi yang khas dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus yang dapat  membuat konsumen merasa puas.
·      Manfaat produk :
Beberapa manfaat dari produk yang akan dibuat oleh perusahaan kami adalah :
-          Dapat memanfatkan buah-buahan dalam pembuatan parfum seperti memanfaatkan buah strawberry
-          Dapat membuat produk parfum dari bahan bahan alami seperti buah strawberry
-          Dapat  menciptakan sebuah produk parfum yang memiliki wangi yang khas dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus, akan membuat konsumen merasa puas.



BAB I
DESKRIPSI PERUSAHAAN
I.                  Data Perusahaan
·    Nama Perusahaan : PURIPER GROUP
·    Logo Perusahaan :
·    Nama pemilik : Ricky Rismana
·    Berdiri : pada tanggal 3 Maret 2017
II.               Visi dan misi perusahaan
Visi : Membantu masyarakat agar dapat memanfaatkan aroma buah-buahan khususnya strawberry dalam pemakaian parfum agar memiliki wangi yang  khas,segar, tahan lama, serta memiliki kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau.
Misi : Melayani kebutuhan parfum secara maksimal  dengan menggunakan bahan alami dari aroma buah-buahan sehingga dapat menciptakan parfum dengan wangi yang  khas,segar, tahan lama, serta memiliki kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau.
III.           Struktur Perusahaan
·      Direktur Utama  (Chief Executive Officer)
Nama                                       : Rifky Rochimat Febrian
Tugas Direktur Utama             : Bertugas sebagai seorang komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola, dan eksekutor. Peran komunikator melibatkan pers dan seisi dunia luar, serta manajemen dan karyawan organisasi. Peran pengambil keputusan mencakup keputusan tingkat tinggi terkait kebijakan dan strategi. Sebagai pemimpin, CEO memberi saran kepada dewan direktur, memotivasi karyawan, dan menggerakan perubahan dalam organisasi. Sebagai manajer, CEO mengawasi operasi organisasi setiap hari, bulan dan tahun.
·      Bagian Keuangan
Nama                                       : Ria Nurmala
Tugas Bagian Keuangan         : Mengawasi oprasional mengenai keuangan perusahaan, mempertanggungjawabkan kegiatan yang ada mengenai keuangan, menetapkan prosedur pelaksanaan secara rinci tentang keuangan, menetapkan standar pekerjaan lapangan untuk menjamin tidak adanya kebocoran dalam bagian keuangan..
·      Bagian Personalia
Nama                                       : Puput Yuniar Maulida
Tugas Bagian Personalia         : Mengembangan sitem perencanaan personalia dan pengendalian kebijakan pegawai, melaksanakan kebutuhan administrasi dan kepegawaian, membina penegmbangan staf administrasi.
·      Bagian  Produksi
Nama                                       : Rifa Fauziyyah
Tugas Bagian Produksi           : Mengkoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan- keputusan yang berhubungan dengan usaha- usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan yang direncakanakan. Manajemen Produksi menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungna dengan proses produksi untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
·      Bagian  Pemasaran
Nama                                       : Permata Hatinda Putri
Tugas Bagian Pemasaran         : Bertanggung jawab terhadap peroehan hasil penjualan dan penggunaan dana produksi, sebagai koordinasi manajer produk dan manajer penjualan, membina bagian pemasaran dan membimbing seluruh karyawan dibagian pemasaran, serta membuat laporan pemasaran kepada direksi.



BAB II
ANALISIS PEMASARAN
Bauran pemasaran terdiri dari semua hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan akan produknya yang terdiri dari “4P” yaitu :
1.        Produk (Product) adalah kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran meliputi kualitas, desain, nama merk, dan kemasan. Produk yang akan dijual berupa parfum dengan nama merk “Fragaria Ananassa” yang memilik kualitas bagus, harga yang terjangkau dan memiliki wangi yang  khas,segar, dan tahan lama. Desain kemasan yang akan digunakan sebagai botol parfum spray berbentuk boneka. Hal tersebut agar konsumen tertarik. Selain itu, di bagian depan botol juga dituliskan nama produk “Fragaria Ananassa”
                     
2.        Harga (Price) adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk memproleh produk meliputi daftar harga, dan lain-lain. Harga satu buah botol parfum “Fragaria Ananassa” akan dibandrol dengan harga Rp. ...........
3.        Tempat (Place) adalah kegiataan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran meliputi lokasi, saluran distribusi, pesediaan, transportasi dan logistik. Produk  yang akan dijual berlokasi sekitar majalengka dan sekitarnya.
4.        Promosi (Promotion) adalah aktifitas yang menyampaikan manfaat produk dan membujuk pelanggan untuk membelinya meliputi iklan dan promosi penjualan. Produk yang jual di promosikan melalui media sosial dan brosur.



BAB III
ANALISIS OPERASIONAL
3.1  Desain Produksi
Desain kemasan yang akan digunakan sebagai botol parfum spray berbentuk boneka. Hal tersebut agar konsumen tertarik. Selain itu, di bagian depan botol juga dituliskan nama produk “Fragaria Ananassa”
3.2  Proses Produksi
Proses pembuatan parfum “Fragaria Ananassa” yang beraroma strawberry ini meliputi berbagai hal diantaranya:
a.       Alat dan bahan:
Bahan – bahan yang digunakan diantaranya:
·       Buah Strawberry
·       Absolut
·       Biang parfum
·       Air
Alat – alat yang digunakan diantaranya:
·       Wadah
·       Panci
·       Pengaduk
·       Pisau
·       Saringan
·       Wadah parfum
b.      Langkah – langkah pembuatan:
·      Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
·      Mencuci buah strawberry, kemudian memotong buah strawberry menjadi kecil-kecil.
·      Lalu masukan buah strawberry yang dipotong-potong ke dalam wadah lalu peras dan saring menggunakan saringan.
·      Setelah itu, air hasil saringan tersebut dimasukan ke dalam panci dan tambahkan air.
·      Masukan absolut dan biang parfum secukupnya lalu aduk hingga rata.
·      Masukan ke dalam botol parfum.



BAB IV
ANALISIS SWOT
Analisis SWOT dalam usaha parfum ”Fragaria Ananassa” yang beraroma strawberry ini diantaranya :
·      Strenght (kekuatan)
Bahan baku parfum ”Fragaria Ananassa” yang beraroma strawberry ini, mudah didapat karena terbuat dari bahan alami berupa buah-buahan yaitu buah strawberry. Selain itu, proses pembuatannya pun mudah.
·      Weakness (kelemahan)
Bahan baku parfum dari buah strawberry ini terbilang mahal. Hal tersebut karena buah strawberry yang didapat tidak langsung dari produsen tetapi dibeli di pasar.
·      Opportunity (kesempatan)
Seiring perkembangan zaman, penampilan menjadi tolak ukur utama dalam kehidupan. Kebiasaan menggunakan parfum merupakan gaya hidup yang sudah dilakukan banyak kalangan masyarakat sejak lama, parfum digunakan karena memberikan keharuman dan kesegaran bagi  penggunanya, selain itu dapat menjadi ciri khas seseorang dari aroma tubuhnya, dan parfum juga dapat  menambah kepercayaan diri penggunanya serta dapat menghilangkan bau badan. Dahulu harga parfum dengan kualitas asli harganya sangat mahal, sehingga hanya bisa dijangkau oleh sebagian masyarakat saja. Hal inilah yang membuat perusahaan kami mengembangkan bisnis parfum yang memiliki wangi yang khas dan tahan lama serta memiliki kualitas yang bagus, akan membuat konsumen merasa puas dengan memanfaatkan aroma buah – buahan sebagai bahan pembuatannya.
·      Threat (Ancaman)
Banyaknya pesaing. Hal tersebut karena telah banyak para pebisnis usaha parfum.



BAB V
ANALISIS KEUANGAN
a.      Biaya Produksi
Biaya Produksi terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel.
·           Biaya tetap

No
Uraian
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
Masa Pakai
Penyusutan
(Tahun)
Penyusutan
(Bulan)
1
Rumah
Produksi
1
Rp. 2.000.000
Rp. 2.000.000
1
Rp. 2.000.000
Rp. 166.700
2
Panci
4
Rp. 30.000
Rp. 120.000
1
Rp. 120.000
Rp. 10.000
3
Wadah
5
Rp. 10.000
Rp. 50.000
1
Rp. 50.000
Rp. 4.200
4
Saringan
2
Rp. 5000
Rp. 10.000
3
Rp. 3.400
Rp. 300
5
Pisau
3
Rp. 15.000
Rp. 45.000
1
Rp. 45.000
Rp. 3.800
6
Sendok + Pengaduk
3
Rp. 10.000
Rp. 30.000
2
Rp. 15.000
Rp. 1.300



7
Karyawan
4
Rp. 600.00
Rp. 2.400.000
1
Rp. 28.800.000
Rp. 2.400.000



Rp.31.033.400
Jumlah
Rp. 2.586.300


·           Biaya Variabel

No.
Uraian
Jumlah Unit
Harga
Jumlah Harga
1.
Buah Strawberry
15 kg
Rp. 20.000/kg
Rp. 300.000
2.
Absolute
3 liter
Rp. 100.000/liter
Rp. 300.000
3.
Biang parfum
1 liter
Rp. 100.000/liter
Rp. 100.000
4.
Botol parfum
150 buah
Rp. 5.000/botol
Rp. 750.000
5.
Air
± 30 liter
Rp. 800/liter
Rp. 24.000
6.
Ongkir (bensin)
± 16 liter
Rp. 7.000/liter
Rp. 112.000
Jumlah
Rp. 1.586.000

·           Biaya Total           = Biaya tetap + Biaya variabel
                                    = Rp. 2.586.300 + Rp. 1.586.000
                                    = Rp. 4.172.300
·           Jumlah Unit          : 150 unit
·           Biaya/unit             = Biaya total/jumlah unit
= Rp. 28.000
·           Keuntungan          : (30% x Rp. 28.000)
= Rp. 8.400
·           Harga jual             = Biaya/unit + keuntungan
= Rp. 28.000 + Rp. 8.400
                             = Rp. 36.400 ≈ Rp. 37.000

b.      Pendapatan Total (TR)
TR       =  Harga Jual  x  Target barang yang terjual
                                    =  Rp. 37.000 x 140
                                    = Rp. 5.180.000

c.       Laba/Rugi (L/R)
L/R      =  TR  -  TC
                                    =  Rp. 5.180.000 –  2.586.300
                                    = Rp. 2.593.700
d.    BEP unit
BEP unit         = 
                                                =  Rp. 31.033.400 / (Rp. 37.000 – Rp. 10.600)
                                                =  1.175 buah
BEP unit         = 1.175  x  Harga Jual
                                                =  1.175 x Rp.37.000
                                                = Rp. 43.475.000
e.     Ratio (R/C)
R/C                  =   
                                                =  Rp. 5.180.000 / Rp. 2.586.300
                                                =  2,0028 (layak jual)


Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH PENGARUH DNA PADA TANAMAN TRANSGENIK JAGUNG LAPORAN